Sambal Tuk tuk

Sambal tuktuk adalah makanan khas tradisional Batak Toba yang berasal dari Tapanuli. Bahan-bahan untuk membuat sambal tuktuk tidak berbeda dengan bahan sambal-sambal, pembedanya dengan sambal yang lain adalah adanya andaliman.

sambal tuk tuk

Rasanya aneh jika makanan Batak tidak menggunakan Andaliman. Biasanya untuk menjumpai bumbu Andaliman ini anda bisa mencarinya di supermarket terdekat atau di pasar tradisional. Kalo di tukang sayur lewat, agak jarang mereka menjualnya.

Baca juga - Kue Bika Ambon

Sambal tuk-tuk adalah salah satu hidangan nikmat dan praktis khas suku Batak, tentunya  pada daerah Padang Bolak, Kabupaten Padang Lawas Utara (PALUTA). Sambal ini mempunyai rasa yang berbeda dari rasa sambal biasanya, dan mempunyai tekstur yang unik dan kasar. Ini disebabkan oleh ikan asap sebagai salah satu bahan yang terdapat pada sambal tuk-tuk.

Di daerah asalnya, sambal tuktuk dicampur dengan ikan aso-aso (sejenis ikan kembung yang sudah dikeringkan), tapi jika tidak menemukan ikan tersebut bisa diganti dengan ikan teri tawar.

sambal tuk tuk asli medan

Di Tapanuli Selatan, sambal tuktuk dibuat dari cabai merah yang ditumbuk dengan ikan gadapang, jenis ikan air tawar di sungai-sungai Tapanuli Selatan. Sebelum ditumbuk, ikan gadapang ini dibakar atau dipanggang.

Setelah kering, daging ikan dipisahkan dari durinya. Daging ikan yang kering ini kemudian ditumbuk bersama cabai merah dan diberi perasan jeruk nipis. Biasanya sambal tuktuk ini dimakan bersama lalapan seperti daun ubi.

Sambal tuktuk ini baunya menyengat, tetapi rasanya enak dan pedasnya luar biasa.

Baca juga - Ucok Durian

Bahan-bahan untuk membuat Sambal tuk tuk

-    2 ekor ikan aso-aso atau 100 gram ikan teri
-    1 sdm andaliman
-    2  butir kemiri
-    10 buah cabe merah kriting
-    5 buah cabe rawit
-    5 buah bawang merah 1 siung bawang putih
-    ½ sdt garam
-    Minyak untuk menggoreng ikan secukupnya

Cara Membuat Sambal Tuk tuk khas Sumatra Utara

-    Goreng ikan sampai matang

-    Sangrai semua bahan kecuali garam sampai harum dan matang
-    Haluskan semua bahan yang telah disangrai, lalu tambahkan suwiran ikan aso-aso yang telah
     digoreng/ikan teri yang sudah digoreng.
-    Haluskan kembali semua bahan, bumbui dengan garam.
-    Sajikan

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More