Rantau Prapat

Rantau Prapat adalah ibukota Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, Indonesia. Kota ini dilintasi oleh Jalan Raya Lintas Sumatera Timur. Kota ini berada di dekat perbatasan Sumatera Utara dan Riau. Kota ini dilengkapi dengan akses kereta api, yang menghubungkan kota ini dengan ibukota provinsi, Medan.



Rantauprapat memiliki luas 17.679 Ha (176.79 km²) atau 2.4% dari wilayah Sumatera Utara. Secara geografis, Rantauprapat terletak pada 2°09'30.4"–2°00'57.7" Lintang Utara dan 99°46'30.8"– 99°53'06.8" Bujur Timur

Iklim Rantauprapat tergolong tropis. Curah hujan di Rantauprapat cukup signifikan, dengan curah hujan bahkan selama bulan terkering. Iklim ini dianggap Af sesuai klasifikasi iklim Köppen-Geiger. Suhu tahunan rata-rata adalah 26,0° C di Rantauprapat. Curah hujan di sini rata-rata 2567 mm

Status Rantau Prapat yang sebelumnya adalah kota administratif dihapuskan pada tahun 2003 menjadi kota kecamatan biasa karena tidak memenuhi persyaratan peningkatan daerah otonom. Rantau Prapat dilalui sungai besar yang bernama Sungai Bilah. Kota ini terdapat pusat perbelanjaan yaitu Suzuya Plaza, yang dimanfaatkan warga untuk berbelanja dan sangat ramai apabila ada hari-hari besar dan liburan. Menuju ke kota ini bisa dengan Kereta Api dari Kota Medan, dengan jarak tempuh 6,5 jam.

Baca Juga - Kota Medan

Kabupaten Labuhanbatu adalah salah satu kabupaten yang ada di provinsi Sumatera Utara, Indonesia. Ibu kota kabupaten ini terletak di Rantau Prapat. Kabupaten Labuhanbatu terkenal dengan hasil perkebunan kelapa sawit dan karet.Pada mulanya luas kabupaten ini adalah 9.223,18 km², sedangkan jumlah penduduknya sebanyak 1.431.605 jiwa pada tahun 2007. Dengan dibentuknya Kabupaten Labuhanbatu Selatan dan Kabupaten Labuhanbatu Utara, maka luas kabupaten ini menjadi 2.562,01 km² dan penduduknya sebanyak 857.692 jiwa pada tahun 2008. Pada mulanya jumlah kecamatan di kabupaten ini adalah 22 kecamatan. Dengan dibentuknya Kabupaten Labuhanbatu Utara dan Kabupaten Labuhanbatu Selatan, maka jumlah kecamatan di kabupaten ini menjadi 9 kecamatan. Berikut nama-nama kecamatan tersebut :

Wilayah Rantauprapat terbagi menjadi 2 kecamatan dan 19 kelurahan dalam Kabupaten Labuhanbatu

- Rantau Utara
- Rantau Selatan




Transportasi :

Ada satu terminal di Rantauprapat, yaitu Terminal Padangbulan


Labuhan Batu-Terminal Terpadu Padang Bulan Rantauprapat, yang terletak di Jalan H Adam Malik, sekitar 200 meter dari kantor Lurah Padang Bulan, Kecamatan Rantau Utara Pemkab Labuhanbatu

Bentor (Becak Motor) dan Angkot
















Rantau prapat juga memiliki becak motor, yang dapat ditemukan di setiap persimpangan jalan. Desain becak motornya juga sama dengan becak motor di Kota Medan. Juga dapat membawa penumpang kemana saja dalam kota, termasuk juga jalan yang menanjak, dimana kota ini memiliki banyak jalan yang tidak rata atau berbukit.


Bus Sribilah


















Ada angkot yang membawa penumpang dari pusat kota Rantauprapat menuju Sigambal


Kereta Api Sribilah

Kereta api Sribilah adalah kereta api eksekutif bisnis milik PT Kereta Api Indonesia yang melayani perjalanan Medan-Rantau Prapat dan sebaliknya.

Kereta Api Sribilah











Kereta api Sribilah diluncurkan sekitar tahun 1978 dengan menggunakan kereta ekonomi buatan Yugoslavia dengan ciri-ciri ventilasi dengan sudut melengkung di atas kaca jendelanya namun sekarang kebanyakan kereta ekonomi ini diretrofit menjadi kereta bisnis dan eksekutif
Kereta api Sribilah menghubungkan Rantauprapat dengan Medan, dan beberapa kota lainnya yang berada di jalur, seperti Kisaran, Tebing Tinggi,
Udara
Pembangunan sebuah bandar udara sudah direncanakan. Letaknya direncanakan berada di dekat kota Aek Nabara, Bilah Hulu, yang berjarak 10 km dari batas Rantauprapat


Makanan khas Labuhan Batu - Rantau Prapat :

Anyang Buas Buas Masakan Khas Labuhanbatu

Anyang buas buas makanan khas rantau prapat-labuhan batu













Salah satu makanan khas Labuhanbatu adalah anyang buas-buas. Anyang buas-buas merupakan masakan yang berasal dari dedaunan, yakni daun buas-buas.  Tumbuhan ini merupakan tumbuhan yang sering terdapat di daerah rendah, berdaun wangi. Yang dijadikan masakan adalah pucuknya, karena lebih lembut.

Untuk membuat Anyang Buas­Buas, penduduk Rantauprapat hanya membutuhkan pucuk daun dari tumbuhan ini. Pucuk Daun Buas­Buas dipercaya memiliki banyak kandungan gizi serta lembut.
Cara membuatnya juga sangat mudah.

Pucuk daun buas­buas hanya perlu di bersihkan dengan air agar terbebas dari segala kotoran yang melekat. Kemudian dipotong kecil­kecil untuk mempermudah proses pemasakan (bisa juga dengan tidak memotongnya melainkan hanya menyucinya saja).

Lalu Pucuk daun buas­buas direbus dengan air panas. Setelah matang, daun tersebut dicampur dengan anyang yang berupa campuran rempah­rempah seperti bawang, daun serai, jeruk nipis, juga santan dan garam.

anyang buas-buas dapat dikatakan menjadi masakan tradisi bagi masayakat pesisir Labuhanbatu.Terutama ibu-ibu biasanya sangat pandai meramu bumbu untuk membuat anyang buas-buas. Dan sering untuk menambah lezatnya masakan tersebut terkadang dicampur dengan bahan lain, misalnya ditambahkan kerang rebus, udang, dan ikan.

Namun kini masakan ini semakin langka. Hanya warga yang bermukim di pantai saja yang masih sering membuatnya. Kalau di Rantau Prapat sangat jarang mayarakat yang membuatnya.  Alasannya karena tumbuhan buas-buas sudah semakin sulit  didapat di daerah ini.

Tempat Wisata :Untuk para traveller atau pecinta alam yang suka jalan-jalan atau menikmati alam Kota Rantau Prapat dapat menjadi salah satu tempat yang tepat untuk dikunjungi karena selain menjanjikan pemandangan alam yang indah dan sejuk Rantau Prapat juga memiliki makanan-makanan khas yang nikmat untuk pecinta kuliner.

Berikut beberapa tempat destinasi wisata kota Rantau Prapat - Labuhan Batu Sekitarnya :

- Londut Waterfall (Air Terjun Londut)

Londut Waterfall (Air Terjun Londut)

















Lokasi : Air terjun Londut berada di Desa Londut kecamatan Kualuh Hulu


- Padang Halaban View

Padang halaban

















 Lokasi : Padang Halaban - Kecamatan Aek Kuo, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara


- Bukit Pamingke / Puncak Hoza


Bukit Pamingke / Puncak Hoza


















Lokasi : Desa Kampung Yaman Aek Natas Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara


- Pulo Bisky

Pulo Bisky

















Lokasi : Jalan Simonis, Simonis, Aek Natas, Kabupaten Labuhanbatu Utara, Sumatera Utara


- Aek Buru


















Lokasi : Jl. Aek Buru Batu Tunggal, Batu Tunggal, Na IX-X, Kabupaten Labuhanbatu Utara


- Pantai Monyet


















Lokasi : Desa Padang mahondang, Kecamatan NA IX X, Kabupaten Labuhanbatu Utara


- Air Terjun Jeri


















Lokasi : dusun pasar Lori perkebunan Berangir kecamatan NA IX-X, Labuhan Batu




- Hadabuan Hill


















Lokasi : Hadabuan Hill, Dusun Napompar, desa PematangKec.NA IX-X Regrann


- Kuala Hatapang, Karya ALam Menakjubkan
- Tebing Batu Napponol, Kolam Misterius
- Turunan Sikkam, Kolam Alami Luar Biasa
- Air Terjun Tajopit
- Air Terjun Bertingkat
- Aek Ronggas, Potensi Wisata Kelas Dunia
- Sungai Pirlok, Jernih Dan Menyegarkan
- Puncak Manhalese
- Hajoran, Bumi Subur Nan Eksotis
- Tangkahan Lobu
- Air Terjun Goa



Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More