Universitas Sumatera Utara (USU)



Universitas Sumatera Utara (USU) adalah sebuah universitas negeri yang terletak di Kota Medan, Indonesia. Universitas Sumatera Utara adalah salah satu universitas terbaik di pulau Sumatera. USU juga adalah universitas pertama di pulau Sumatera yang mempunyai Fakultas Kedokteran.

USU didirikan sebagai Yayasan Universitet Sumatera Utara pada tanggal 4 Juni 1952. Fakultas pertama adalah Fakultas Kedokteran yang didirikan pada 20 Agustus 1952, yang kini diperingati sebagai hari jadi USU. Presiden Indonesia, Soekarno kemudian meresmikan USU sebagai universitas negeri ketujuh di Indonesia pada tanggal 20 November 1957.


Kampus USU berlokasi di Padang Bulan, sebuah area yang hijau dan rindang seluas 120 ha yang terletak di tengah Kota Medan. Zona akademik seluas 90 ha menampung hampir seluruh kegiatan perkuliahan dan praktikum mahasiswa. Sistem pembelajaran didukung oleh fasilitas perpustakaan dan lebih dari 200 laboratorium. Perpustakaan menyediakan berbagai jenis sumber belajar baik dalam bentuk cetak maupun elektronik.


Perpustakaan USU merupakan salah satu yang terbaik di Indonesia saat ini. Kampus Padang Bulan juga didukung oleh infrastruktur teknologi informasi untuk memfasilitasi akses terhadap berbagai sumber daya informasi dan pengetahuan untuk mendukung proses pembelajaran dan penelitian mahasiswa dan dosenSelain itu di dalam kampus juga terdapat berbagai sarana seperti asrama, arena olah raga, wisma, kafetaria, toko, bank, dan kantor pos. Wisuda dan berbagai acara akademik lainnya diadakan di Auditorium dan Gelanggang Mahasiswa. Sebuah rumah sakit pendidikan akan dibangun di lokasi kampus pada tahun 2008.

Sebuah kampus baru seluas 300 ha yang berlokasi di Kwala Bekala, berjarak 15 km dari Kampus Padang Bulan sedang dikembangkan, yang saat ini digunakan untuk mendukung berbagai penelitian dan percobaan di bidang pertanian, kehutanan, perkebunan, dan peternakan. Dalam upaya mengembangkan diri sebagai universitas berjangkauan luas, USU mengelola Kebun Percobaan seluas sekitar 550 ha di Langkat. USU juga telah memperoleh izin pengembangan hutan percontohan seluas 10.000 ha di Mandailing Natal


Fakultas

Fakultas dan Program Studi di Universitas Sumatera Utara (USU) yaitu sebagai berikut :

Fakultas Kedokteran terdiri dari: program studi Pendidikan Dokter Biomedik Ilmu Kedokteran Tropis Ilmu Kedokteran Ilmu Anastesi Ilmu Bedah Ilmu Kebidanan dan Penyakit Kandungan Ilmu Kehakiman Kedokteran Ilmu Kesehatan Anak Ilmu Patologi Anatomi Ilmu Patologi Klinik Ilmu Pencintraan (Radiologi) Ilmu Penyakit Dalam Ilmu Penyakit Jiwa Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin Ilmu Penyakit Mata Ilmu Penyakit Paru Ilmu Penyakit Syaraf Ilmu Penyakit T.H.T.

Fakultas Hukum terdiri dari: program studi Ilmu Hukum Kenotariatan

Fakultas Pertanian terdiri dari: program studi Agribisnis Agroekoteknologi Ilmu Peternakan Ilmu dan Teknologi Pangan Kehutanan Manajemen Sumberdaya Perairan Ilmu Pertanian

Fakultas Teknik terdiri dari: program studi Arsitektur Teknik Elektro Teknik Industri Teknik Kimia Teknik Mesin Teknik Sipil Teknik Lingkungan

Fakultas Ekonomi dan Bisnis terdiri dari: program studi Akuntansi Ekonomi Pembangunan Manajemen Keuangan Kesekretariatan.

Fakultas Kedokteran Gigi terdiri dari: program studi Pendidikan Dokter Gigi Ilmu Kedokteran Gigi Ortodontik

Fakultas Ilmu Budaya terdiri dari: program studi Sastra Arab Sastra Batak Sastra Indonesia Sastra Inggris Sastra Jepang Sastra Melayu Etnomusikologi Ilmu Perpustakaan dan Informasi Ilmu Sejarah Pariwisatan, Sastra Cina, Penciptaan dan Pengkajian Seni, dan Linguistik.

Fakultas Matematikan dan Ilmu Pengetahui Alam (MIPA) terdiri dari: program studi Biologi Fisika Fisika Instrumentasi Kimia Matematika Statistik Teknik Informatika Sistem Informasi Metrologi

Ilmu-ilmu Sosial dan Ilmu Politik terdiri dari: program studi Antropologi Sosial Ilmu Administrasi Negara Ilmu Kesejahteraan Sosial Ilmu Komunikasi Ilmu Politik Ilmu Administrasi Niaga Sosiologi Perpajakan Studi Pembangunan.

Fakultas Kesehatan Masyarakat terdiri dari: program studi Ilmu Kesehatan Masyarakat

Fakultas Psikologi terdiri dari: program studi Psikologi

Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi terdiri dari : Program Studi Ilmu Komputer (S-1), Teknologi Informasi (S-1), dan Teknik Informatika (S-2).

Fakultas Farmasi terdiri dari program studi Ilmu Farmasi Analisis Farmasi

Fakultas Keperawatan terdiri dari program studi Pendidikan Keperawatan Profesi NERS Bidan Pendidik

Sekolah Pascasarjana terdiri dari: program studi Magister Manajemen Pengembangan Wilayah Pengelolaan Sumber Daya Alam dan Lingkungan


Bagi anda yang ingin kuliah di USU (Universitas Sumatera Utara), Maka anda bisa mengikuti jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dibuka oleh USU.
Jalur - Jalur tesebut yaitu : jalur SNMPTN, SBMPTN, UMB-PT, serta jalur MANDIRI

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More